4 Tips Mudah Meraih Sukses Berinvestasi Emas Bagi Pemula



Akhir-kahir ini, saya mulai tertarik ingin melakukan investasi dalam bentuk emas. Namun, pengetahuan yang terbatas serta pengalaman yang kurang membuat keinginan ini hanya sebatas impian hingga saat ini, nyatanya belum bisa terealisasi. Berbagai pertimbangan kadang hadir yang membuat akhirnya niat untuk bisa membeli emas atau logam mulia jadi batal. Apakah diantara pembaca ada yang mengalami hal serupa seperti saya? Ingin punya investasi emas  tapi belum tahu bagaimana cara memulai dan melakukannya? Dari beberapa informasi yang saya dapatkan, ada banyak tips yang bisa diterapkan untuk mereka yang ingin memulai investasi emas, namun katanya sebaiknya sebelum melakukan investasi, ketahui terlebih dahulu apa saja hal-hal yang sebaiknya diperhatikan agar tidak merugikan diri sendiri ketika ingin memulai investasi emas.

1.      Memastikan Keaslian Emas

Ada perbedaan mendasar ketika kita membeli emas dalam bentuk perhiasan dengan emas batangan atau kepingan, pada emas perhiasaan biasanya kadar logam sudah bercampur dengan bahan lain untuk bisa membentuk perhiasan menjadi berbagai model sedangkan pada emas batangan atau kepingan tidak adanya campuran sehingga bisa dikatakan emas murni. Untuk tujuan investasi, sangat disarankan untuk membeli emas dalam bentuk batangan, kepingan atau koin karena nilai jualnya yang relatif selalu naik. Hal penting yang tidak boleh dilewatkan ketika ingin membeli emas adalah memastikan keasliannya, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk bisa mengetahui asli tidaknya emas, yaitu dengan mengecek sertifikat emas, menggunakan aplikasi CertiEye atau menanyakan langsung kepada penjual.

2.      Memperhatikan Harga Emas

Setiap waktu, harga emas bisa berubah kapan saja. Itulah mengapa sangat disarankan ketika ingin membeli emas, untuk mengecek terlebih dahulu berapa harga emas terkini sesuai dengan domisili atau wilayah setempat. Biasanya, masing-masing wilayah bisa memiliki harga jual emas yang berbeda-beda namun tidak banyak selisihnya. Melakukan pengecekkan harga emas terbaru, tidak saja berguna untuk pengetahuan diri sendiri, tetapi juga mencegah kita membeli emas dengan harga yang terlalu tinggi melebihi harga pasaran yang berlaku. Terkadang, ada saja oknum yang menjual emas dengan harga tinggi.

3.      Tentukan Tujuan Membeli Emas

Ada sebagian orang yang menganggap bahwa membeli emas hanya untuk sekedar gaya atau terlihat kaya. Padahal, jika memang ingin memiliki investasi emas, tujuan awal membeli haruslah diperbaiki. Milikilah tujuan investasi berupa tabungan emas agar usaha yang dilakukan membuahkan hasil, selain itu dengan memiliki investasi emas, kita juga bisa mengamankan kondisi keuangan dan harta. Jika memang sudah bertekad untuk memiliki investasi berupa emas, pilih emas batangan yang berkualitas seperti misalnya emas antam agar ketika disimpan selama beberapa tahun atau ingin dijual kita tidak rugi bahkan bisa mendapatkan keuntungan.

4.      Jangan Tunda Membeli

Banyak yang bertanya apakah seharusnya menunggu harga emas turun terlebih dahulu untuk bisa membeli emas? Jawabannya tidak harus! Jika memang ada dananya, belilah saat itu juga. Harga emas relatif stabil, jikapun turun harganya tidak terlalu anjlok, namun yang pasti harga emas cenderung naik. Jika menunggu harga emas turun baru membeli, dikhawatirkan dana yang ada untuk membeli emas akan digunakan untuk yang lain. Jangan ragu dan tunda keinginan untuk segera berinvestasi dengan emas karena investasi dalam bentuk ini nyaris tidak ada ruginya bahkan sangat menguntungkan jika dilakukan dengan benar. Miliki tabungan berupa emas untuk membuat kondisi keuangan anda jadi lebih aman, terjamin dan menguntungkan.