4 Manfaat Kalori Telur Rebus bagi Kesehatan

 

Walaupun rasanya tidak seenak telur goreng, telur rebus menjadi favorit beberapa orang untuk menu sarapannya. Hal ini tidak lain karena ada beberapa manfaat mengonsumsi telur untuk tubuh. Selain itu, kalori telur rebus lebih rendah dari olahan telur lainnya. Untuk lebih jelasnya mengenai manfaat mengonsumsi telur rebus di pagi hari. Simak ulasannya berikut ini:

1. Baik untuk Jantung

Mengonsumsi telur rebus secara rutin baik untuk kesehatan jantung. Banyak orang mengatakan bahwa kuning telur mengandung kolesterol tinggi, yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Kemudian, beberapa penelitian menunjukkan bahwa tidak ada kaitan antara konsumsi telur dengan penyakit jantung atau stroke.

Faktanya, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam British Journal of Medicine menemukan bahwa makan satu telur sehari tidak meningkatkan risiko penyakit jantung atau stroke pada orang sehat. Jadi tidak benar, bahwa telur bisa menyebabkan penyakit jantung.

Namun, penderita diabetes atau kolesterol sebaiknya tidak mengonsumsi kuning telur secara berlebihan. Dalam penelitian Nurses Health Study dan Health Professionals mengungkapkan, bahwa resiko penyakit jantung meningkat pada penderita diabetes, baik pria maupun wanita.

2. Baik untuk Kesehatan Otak

Manfaat telur rebus berikutnya adalah bisa meningkatkan kinerja otak. Padahal, telur bisa membuat otak Anda berfungsi dengan baik. Agar otak berfungsi dengan baik, sel-sel saraf di otak membutuhkan senyawa yang disebut kaolin sebagai bahan penyusun dan penunjang kerja.

Faktanya, penelitian menunjukkan bahwa 90% orang kekurangan senyawa ini. Agar dapat memenuhi kembali kebutuhan harian tersebut, Anda benar-benar dapat memasukkan telur rebus ke dalam menu makanan harian Anda. Pasalnya, telur rebus mengandung 100 gram kolin. Dan konten ini cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

3. Meningkatkan Massa Otot

Banyak pria yang ingin mengencangkan tubuhnya dengan mengonsumsi telur rebus setiap hari. Dan tentunya sudah terbukti secara ilmiah. Ini karena telur mengandung asam amino yang merupakan penyusun protein.  Kandungan ini diperlukan untuk semua bentuk perkembangan sel yang terjadi di dalam tubuh, baik yang berfungsi untuk keperluan struktural maupun fungsional.

Kandungan protein telur yang dimasak juga dapat meningkatkan massa otot dan membantu kerja otot. Satu telur rebus besar mengandung 6 gram protein, yang terdiri dari asam amino esensial yang dibutuhkan tubuh Anda. Berkat itu, konsumsi telur rebus secara teratur dapat meningkatkan massa otot Anda.

4. Baik untuk Menu Diet

Tidak hanya berguna untuk pembentukan otot saja, nyatanya kalori telur rebus yang rendah, juga bagus untuk menu diet. Tidak jarang manfaat telur sering dijadikan menu bagi seseorang yang sedang diet untuk membentuk otot. Telurnya sendiri tinggi protein dan rendah kalori, sehingga bisa dijadikan camilan sehat untuk diet Anda.

Telur berukuran besar mengandung 6 gram protein dan 80 kalori. Putih telur hanya mengandung 15 kalori dalam satu butir telur. Menjadikan telur rebus sebagai camilan yang enak dan sehat. Protein telur juga bebas dari kolesterol dan lemak jenuh, jadi sangat bagus untuk mereka yang sedang diet.

Itu dia empat manfaat dari kalori telur rebus yang baik untuk dikonsumsi setiap pagi sebagai menu sarapan. Selain itu, telur rebus juga bisa meningkatkan metabolisme tubuh. Sehingga bisa mengurangi resiko berbagai penyakit, seperti liver dan diabetes.